Sejarah dan Perkembangan Gedung Birao di Kota Tegal

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 16:26 WIB
Gedung Birao / SCS yang terletak di Jalan Pancasila Kota Tegal  (Lintas Pewarta/Ade W)
Gedung Birao / SCS yang terletak di Jalan Pancasila Kota Tegal (Lintas Pewarta/Ade W)

LINTAS PEWARTA - Gedung SCS (Semarang–Cheribon Stoomtram) atau Gedung Birao yang terletak di Jalan Pancasila Kota Tegal dibangun pada tahun 1913 dan merupakan karya pertama Ir. Henri Maclaine Pont, seorang arsitek yang juga merancang kampus THS atau ITB di Bandung pada tahun 1918.

Dari pembangunan inilah Henri memuji-muji tukang pribumi yang bekerja padanya, dengan mengatakan "tukang pribumi itu sebenarnya hebat, asal dikasih bimbingan."

Semarang–Cheribon Stoomtram Maatschappij, N.V. adalah salah satu perusahaan pada zaman kolonial Hindia Belanda yang pada tahun 1897-1914 membangun jalur kereta api dengan panjang 373 km yang menghubungkan Semarang dengan Cirebon hingga ke Kadipaten di ujung barat.

Baca Juga: Obyek Wisata Pasir Gibug Brebes Suguhkan Panorama Menakjubkan dengan Udara Sejuk

Jalur ini juga melewati kota-kota di sepanjang pantai utara Jawa ke arah barat, seperti Kendal, Pekalongan, Tegal, dan sebagainya. Dahulu stasiun dari jalur ini berada di Jalan Poncol. Sekarang diambil alih oleh PT KAI dan menjadi Stasiun Poncol.

Meskipun diberi nama SCS, kantor pusatnya sendiri berada di Tegal. Kantor pusatnya dikenal di kalangan masyarakat sebagai Gedung Birao.

Bangunan ini semula dirancang tanpa pagar dan menjadi satu kesatuan dengan alun-alun Kota Tegal serta dan Stasiun Tegal. Bangunan ini terdiri dari dua unit, satunya ada di belakang yang difungsikan sebagai area servis seperti toilet, gudang dan sebagainya.

Pemerintah Belanda, tahun 1875 mendirikan perusahaan kereta api Staatspoorwegen (SS). SS berdiri 10 tahun setelah NISM mencapai kesuksesan membangun sistem transportasi kereta api dan mengeruk keuntungan hasil bumi di Jawa.

Baca Juga: KJRI Amerika Serikat Promosikan Tempe dalam Acara Tempeh Goes to New York

Beberapa tahun kemudian, perusahaan kereta api swasta Belanda lainnya, de Semarang - Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS), mendirikan kantor pusatnya di kota Tegal.

Halaman:

Editor: Ade Windiarto

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Menuju Wisata Kali Gua Rusak Parah

Rabu, 9 November 2022 | 11:59 WIB

Sejarah dan Perkembangan Gedung Birao di Kota Tegal

Jumat, 21 Oktober 2022 | 16:26 WIB
X