Terkait RPJPD, Sekda Sumba Barat Jelaskan Begini

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 17:36 WIB
Lokakarya I Pendampingan Penyusunan Rancangan Awal RPJDB 2024 - 2025 Bidang Pendidikan Kabupaten Sumba Barat (Istimewa/Lintas Pewarta)
Lokakarya I Pendampingan Penyusunan Rancangan Awal RPJDB 2024 - 2025 Bidang Pendidikan Kabupaten Sumba Barat (Istimewa/Lintas Pewarta)

LINTAS PEWARTA - Lokakarya I Pendampingan Penyusunan Rancangan Awal RPJDB 2024 - 2025 Bidang Pendidikan Kabupaten Sumba Barat dibuka dengan resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumba Barat Yermia Ndapa Doda.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan di Aula Bapelitbangda Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis (19/01/2023).

Di kesempatan itu, Yermia Ndapa Doda menyampaikan, pembangunan daerah adalah usaha yang sistematik untuk pemanfaatan sumber daya yang dimiliki daerah dalam peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya.

Baca Juga: Hadiri Sidang Majelis Klasis Belu, Wakil Bupati: Pemda dan Gereja Punya Tujuan yang Sama

"Pemanfaatan sumber daya sangat bergantung pada sistem perencanaan daerah yakni bagaimana caranya memaksimalkan berbagai potensi yang ada," katanya.

Menurutnya, perencanaan pembangunan daerah merupakan suatu proses untuk menentukan kebijakan masa depan, melalui urutan pilihan, yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan, guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam jangka waktu tertentu di Daerah.

Dia mengungkapkan, bahwa Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan perencanaan makro politis berwawasan 20 (dua puluh) tahun dan memuat visi, misi dan arah pembangunan jangka panjang yang selanjutnya dapat digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan RPJMD setiap lima tahun sekali.

Baca Juga: Tiga Orang Terduga Teroris Ditangkap Densus 88, Ternyata Si ARH dan SN Pernah...

"Dalam konteks pembangunan, penyusunan dokumen rancangan awal RPJPD merupakan salah satu bagian penting yang berfungsi sebagai instrument untuk mengarahkan pelaksanaan pembangunan Daerah selama dua puluh tahun mendatang," ujarnya.

Halaman:

Editor: Yohanis Analdi Sogara

Sumber: facebook.com @Prokopim Sumba Barat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X