• Minggu, 2 Oktober 2022

Terbaik Tingkat Polres Tegal Kota, Satkamling Seruni Kelurahan Kejambon Akan Ikuti Lomba Tingkat Polda Jateng

- Kamis, 21 Juli 2022 | 12:59 WIB
Tim penilai lomba Satkamling tingkat Polda Jawa Tengah mengunjungi Pos Satkamling Seruni RT 03 RW 06 Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal  (Lintas Pewarta)
Tim penilai lomba Satkamling tingkat Polda Jawa Tengah mengunjungi Pos Satkamling Seruni RT 03 RW 06 Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal (Lintas Pewarta)

LINTAS PEWARTA - Satkamling Seruni RT 03 RW 04 Kelurahan Kejambon,Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal berhasil meraih predikat Satkamling terbaik dalam lomba Satkamling tingkat Polres Tegal Kota.

Oleh karenanya malam ini Satkamling Seruni RT 03 RW 04 Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur mendapatkan kunjungan langsung dari Tim Penilai Lomba dari Polda Jateng untuk maju mengikuti lomba Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di tingkat Polda Jawa Tengah, Rabu 20 Juli 2022 malam.

Katim penilaian lomba Satkamling dari Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Jawa Tengah AKBP Dra. Dwi Ratnawati, MH menyampaikan bahwa Satkamling itu merupakan bagian dari pengamanan swakarsa. Dulu namanya Siskamling namun sekarang setelah ada peraturan baru berubah menjadi Satkamling.

Baca Juga: Tertibkan Kawasan Perkampungan, Warga di Kampung Tirang Kota Tegal Diberikan Beberapa Arahan

Kegiatan lomba ini, lanjut AKBP Ratna bertujuan untuk meningkatkan semangat siskamling dalam menciptakan keamanan dilingkungan masing-masing. Karena untuk dapat menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif itu bukan semata menjadi tugas dan tanggung jawab Polri saja, namun merupakan tanggung jawab kita bersama.

"Polri tidak mungkin bisa menciptakan situasi kambtibmas yang kondusif tanpa adanya bantuan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat, oleh karenanya peran serta aktif dari masyarakat sangat diperlukan agar semuanya dapat terwujud," ungkap AKBP Ratna.

Dirinya menambahkan, bahwa kriteria dalam penilaian lomba Satkamling terdiri dari beberapa aspek. Secara garis besarnya meliputi aspek kesiapan anggota pos kamling dan aspek pos kamling nya itu sendiri.

"Pos kamling minimal harus mempunyai peralatan standar, seperti kentongan dan papan tanda-tanda sandi kentongan, alat pemadam api sederhana, tongkat sebagai alat untuk melindungi diri, jas hujan, buku absen dan mutasi, lampu senter dan borgol," jelasnya.

Baca Juga: Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Jalan, Polda Jateng Tetapkan Sekda Pemalang sebagai Tersangka

Halaman:

Editor: Ade Windiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X