• Kamis, 30 Juni 2022

Air Laut Pasang, Wilayah Pesisir Brebes Diminta Waspadai Potensi Rob

- Rabu, 22 Juni 2022 | 13:28 WIB
Banjir rob menggenangi pemukiman warga (Lintas Pewarta/Aan S)
Banjir rob menggenangi pemukiman warga (Lintas Pewarta/Aan S)

LINTAS PEWARTA - Banjir rob Kembali genangi dua desa di pesisir Pantai Utara Jawa, yaitu di Desa Randusanga Wetan dan Randusanga Kulon, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Dengan adanya kejadian tersebut, Babinsa setempat dari Koramil Brebes Kodim 0713 Brebes, Sertu Sulis Kurniawan kembali menghimbau warga desa binaannya untuk terus siaga dan antisipasi dini jika sewaktu-waktu terjadi rob kembali.

Hal itu mengingat adanya peringatan dari Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Brebes, untuk mewaspadai peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir Provinsi Jateng pada rentang waktu 16-23 Juni 2022.

Baca Juga: Sepakbola Liga Santri di Brebes, Simak Hasil Pertandingannya

"Kita mengingatkan warga agar waspada, berdasarkan peringatan dari BPBD Brebes terkait fenomena super full moon yang berpotensi menyebabkan rob khususnya di pesisir Brebes," ungkapnya, Rabu 22 Juni 2022.

Lebih lanjut dijelaskan, dari peringatan tersebut ada 7 desa di pesisir Brebes yang berpotensi yaitu Prapag Lor dan Prapag Kidul (Kecamatan Losari), Pulogading (Kecamatan Bulakamba), Krakahan (Kecamatan Tanjung), kemudian di Kecamatan Brebes yakni Desa Kaliwlingi, Randusanga Wetan, dan Randusanga Kulon.

Disampaikan Sulis kepada warga binaannya agar mengamankan barang-barang berharga jauh dari jangkauan air laut pasang, termasuk mengungsikan anggota keluarganya ke tempat yang lebih aman jika mulai terjadi pasang besar.

"Kita bersama aparat terkait terus mengingatkan warga di pesisir Randusanga agar menaruh barang-barang berharga di tempat yang tinggi, termasuk instalasi kelistrikan agar tidak membahayakan nyawa saat terendam air," terangnya.

Baca Juga: Tips Merawat Kesehatan Laptop Agar Tahan Lama

Halaman:

Editor: Ade Windiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X