• Kamis, 30 Juni 2022

Sungai Subah di Taraban Kotor Dipenuhi Sampah, Relica dan Relawan Lainya Gelar Aksi Bersih-Bersih

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 13:18 WIB
Relawan dan warga sedang memungut sampah di Sungai Subah di Dukuh Teblog, Desa Taraban, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Sabtu 9 Oktober 2021. (Yudhi Prasetyo/Lintas Pewarta)
Relawan dan warga sedang memungut sampah di Sungai Subah di Dukuh Teblog, Desa Taraban, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Sabtu 9 Oktober 2021. (Yudhi Prasetyo/Lintas Pewarta)

LINTAS PEWARTA - Sungai Subah yang masuk Dukuh Teblog, Desa Taraban, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah dipenuhi sampah. Jika dibiarkan, kondisi tersebut akan berdampak pada kesehatan dan pencemaran sungai.

Melihat realita tersebut, Relawan Peduli Lingkungan dan Bencana Alam (Relica) bersama relawan lainya menggelar aksi bersih-bersih sungai tersebut, Sabtu 9 Oktober 2021.

"Kita prihatin dengan kondisi sungai yang penuh dengan sampah," kata Aktifis Relica, Elvin Kristian.

Baca Juga: Langkah Cepat Gubernur Jawa Tengah Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem

Sungai yang penuh dengan sampah dapat mencemari air sungai dan bisa menimbulkan banjir di hilir.

"Sungai ini kan dekat pemukiman penduduk, bau sampah tentu akan mengganggu udara yang dihirup," ujar Elvin. Musim kemarau seperti sekarang ini membuat debit menjadi kecil dan tak mampu membawa sampah yang ada.

Elvin khawatir jika sungai tidak dibersihkan, sampah akan hanyut dan menumpuk di hilir sehingga dapat menyebabkan banjir.

"Gerakan ini sebenarnya untuk menggugah kesadaran warga tentang betapa pentingnya merawat sungai dan lingkungan sekitar kita," harap Elvin.

Ia juga berharap, kegiatan bersih-bersih sungai ini tidak berhenti sampai disini saja, tetapi oleh warga setempat terus merawat terus agar sungai tetap bersih dan terjaga.

Halaman:

Editor: Yudhi Prasetyo

Tags

Terkini

X