Menanamkan sikap disiplin Melalui Ekstra Karate di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu

- Kamis, 17 November 2022 | 16:28 WIB
Ujian kenaikan tingkat yang dilaksanakan di SD Islam Ta’allumul Huda (SD Islam Ta'allumul Huda)
Ujian kenaikan tingkat yang dilaksanakan di SD Islam Ta’allumul Huda (SD Islam Ta'allumul Huda)

LINTAS PEWARTA- 

Menurut Curvin & Mindler (1999) disiplin akan mendorong tumbuhnya nilai-nilai karakter baik lainnya, seperti tanggung jawab, kejujuran, kerjasama, dan sebagainya (Wuri wuryandani, 2014: 3). begitu juga dengan olahraga Karate yang menjadi salah satu ektrakulikuler favorit yang dilaksanakan di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Dimana dalam latihannya penanaman sikap disiplin begitu terasa.

Latihan rutin ekstrakulikuler Karate SD Islam Ta’allumul Huda (SD Islam Ta'allumul Huda)

Dalam ekstrakulikuler Karate peserta didik harus disiplin, diantaranya adalah disiplin berpakaian, yaitu dengan menggunakan seragam karate berwarna putih. Disiplin waktu yaitu harus tepat datang dan pulang latihan. Disiplin berbaris dimana disetiap latihan peserta didik wajib berbaris dengan rapi. Disiplin gerakan artinya setiap gerakan wajib sesuai dengan gerakan pelatih atau instruktur

Dalam Karate sendiri ada tiga teknik dasar atau tiga yang utama yaitu: Kihon (teknik dasar), Kata (jurus) dan Kumite (pertarungan). Masing-masing teknik ini dituntut kedisiplinan yang baik dalam setiap gerakannya, baik itu dasar, jurus maupun pertarungan. 

Dalam kihon atau teknik dasar maka karateka dituntut untuk selalu sesuai dalam setiap gerakannya, seperti yang diinstruksikan oleh pelatih. Bila dalam teknik dasar terbiasa melakukan gerakan yang salah, maka ketika sudah menjadi kebiasaan akan sulit dirubah, karena otot dan pola gerakan sudah terbentuk lama ucap Sensei Ryan instruktur Karate SD Islam Ta’allumul Huda. 

Latihan rutin ekstrakulikuler Karate SD Islam Ta’allumul Huda (SD Islam Ta'allumul Huda Bumiayu)

Oleh karena itu berlatih dasar sangat dituntut untuk disiplin agar apa yang dipelajari tidak menimbulkan kesalahan pada gerakan-gerakan karate selanjutnya. Seperti setiap gerakan tsuki (pukulan) dari asal memulai gerakan sampai gerakan itu berakhir, wajib sesuai dengan apa yang diinstruksikan oleh instruktur. Pada teknik Karate yang lain yaitu Kata (jurus) dimana dalam teknik ini berisi teknik dasar yang ditampilkan dalam rangkaian gerakan. Selain gerakan yang tegas, pada teknik ini gerakan terlihat menarik dan indah. Apalagi didalam sebuah lomba yang dilaksanakan secara beregu maka dituntut kekompakan yang sangat tinggi. Untuk mencapai gerakan yang terbaik maka disiplin dalam berlatih Kata merupakan keharusan.

Latihan rutin ekstrakulikuler Karate SD Islam Ta’allumul Huda (SD Islam Ta'allumul Huda)

Halaman:

Editor: Ade Windiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Refleksi Momen HGN 2022,Guru Dan Panggilan Hati Nurani

Kamis, 24 November 2022 | 21:11 WIB

PSIKOLOG dan PSIKIATER Itu Berbeda, Ini Penjelasannya!

Kamis, 17 November 2022 | 19:13 WIB

Yuk, Kenal Lebih Dekat Jurusan Hubungan Internasional

Kamis, 17 November 2022 | 18:52 WIB

5 Jurusan untuk Kamu yang Suka Berhitung, Impian Kamu?

Kamis, 17 November 2022 | 18:38 WIB

4 PTN Dengan UKT Terjangkau: dari UNY hingga Unsoed

Kamis, 17 November 2022 | 15:15 WIB

Mengenal Jurusan Teknik Mesin, Apakah Ini Jurusanmu?

Kamis, 17 November 2022 | 14:53 WIB

Mengenal Lebih Dalam Tentang Jurusan Sosiologi

Kamis, 17 November 2022 | 14:34 WIB
X