• Selasa, 6 Desember 2022

PSG Merusak Citra Sepak Bola?

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 05:55 WIB
selebrasi kylian mbappe dan kawan-kawan seusai mencetak gol ( Source: Instagram/ psg )
selebrasi kylian mbappe dan kawan-kawan seusai mencetak gol ( Source: Instagram/ psg )

LINTASPEWARTA - PSG tim sepak bola asal paris tersebut memang sering menuai banyak kontroversi, salah satunya ialah dengan merusak harga pasar sepak bola.

Tim yang telah diakuisisi oleh Qatar Sport Investment pada tahun 2011 ini jadi salah satu klub sepakbola terkaya di dunia.

PSG dimiliki oleh Kelompok Investor asal  Timur Tengah Qatar Investment Authority QIA. Otoritas investasi negara kaya minyak itu pun menunjukkan keseriusan untuk merambah dunia sepak bola sebagai lahan investasinya.

Baca Juga: Ahmad Syafii Maarif Meninggal Dunia, Kapolri: Kita Semua Kehilangan

Untuk mengelola PSG maka QIA membentuk Qatar Sport Investment dan menunjuk Nasser al-khelaifi sebagai presiden klub.

Klub ini terbentuk pada tahun 70-an, dan sebelum itu mereka bukanlah tim sepak bola besar melainkan tim lokal kecil yang di gabungkan dengan uang sehingga menjadi klub besar seperti saat ini.

QSI sendiri di kelola oleh Syeh Tamim Bin Hamad Al-thani, yang mana ia merupakan seorang Emir Qatar sekaligus Panglima angkatan bersenjata dan penjamin konstitusi.

Posisi Tamim ialah posisi yang paling kuat di Qatar, selama ini Syeh Tamim Bin Hamad Al-thani  telah menggunakan uang minyak negara untuk menyokong keuangan PSG, melalui QSI dan perusahaan milik negara lainnya seperti Qatar Tourism Authority dan Qatar National Bank. 

Bisa di bilang PSG sebagai klub ber plat merah karena milik negara, di tengah kelesuan bursa transfer liga eropa sebelum di mulainya musim 2012-2013. PSG membuat kontroversi dengan membeli sejumlah pemain dengan mengeluarkan dana sampai puluhan Juta Euro.

Halaman:

Editor: Ade Windiarto

Sumber: YOUTUBE Starting Eleven

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak Asuh Jurgen Klopp Tanggung Malu.

Minggu, 23 Oktober 2022 | 11:09 WIB
X