Paus Fransiskus: Imam adalah Pemimpin Perayaan Ekaristi, Bukan MC

- Selasa, 24 Januari 2023 | 07:30 WIB
Paus Fransiskus (Istimewa/Lintas Pewarta)
Paus Fransiskus (Istimewa/Lintas Pewarta)

LINTAS PEWARTA - Paus Fransiskus sampaikan pesan penting kepada para peserta kursus penanggung jawab komisi Liturgi Keuskupan yang diorganisir oleh Universitas Kepausan Santo Anselmus, pada Jumat (20/01/2023).

Adapun pesan penting itu berbunyi, Melawan segala bentuk misa yang ceroboh, terbengkalai, kurang persiapan dan  segala ritual yang tidak liturgis dalam perayaan Ekaristi sebagai jalan perjumpaan dengan Kristus.

Paus Fransiskus menekankan, pada prinsipnya Liturgi Ekaristi adalah perjumpaan dengan Kristus. Oleh karena itu, ada tiga (3) hal yang ditegaskan oleh Paus Fransiskus, yaitu:

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Partai Gerindra dan PKB Resmikan Sekretariat Bersama, Prabowo Subianto Sampaikan Begini

Pertama: Pusat Liturgi adalah Kristus

Paus Fransiskus menekankan bahwa dalam perayaan Ekaristi, paritisipasi yang bermanfaat dari umat Allah harus diprioritaskan (bdk. SC. 30) maka dalam perayaan umat dipimpin kepada Kristus dan mendekatkan Kristus kepada umat.

Maka dari itu, pentingnya Evangelisasi atau penginjilan dalam perayaan Ekaristi. Pesan bijak Paus Fransiskus; “Perayaan tanpa Penginjilan adalah tidak otentik.” (bdk. SC 35.3).

Paus Fransiskus menyampaikan, adanya bahaya mengedepankan ritual. Artinya yang penting misanya berjalan dan selesai. Pokoknya misa satu jam, selesai. Kotbah singkat dibumbui dengan nyanyian dan tepukan tangan.

Baca Juga: Tiga Orang Terduga Teroris Ditangkap Densus 88, Ternyata Si ARH dan SN Pernah...

Halaman:

Editor: Yohanis Analdi Sogara

Sumber: Vatican News, Tuan Kopong

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SHE: Mendudukkan Bu Megawati di Tempat Seadil-Adilnya

Senin, 16 Januari 2023 | 10:04 WIB
X