Biografi Resmi Paus Emeritus Benediktus XVI

- Sabtu, 31 Desember 2022 | 22:55 WIB
Biografi Resmi Paus Emeritus Benediktus XVI (Pixabay)
Biografi Resmi Paus Emeritus Benediktus XVI (Pixabay)

LINTAS PEWARTA - Menyusul pengumuman meninggalnya Paus Emeritus Benediktus XVI pada hari Sabtu, 31 Desember 2022, di usianya yang ke-95, Berikut Biografi lengkapnya:

Informasi Vatikan:

Kardinal Joseph Ratzinger, Paus Benediktus XVI, lahir di Marktl Am Inn, Keuskupan Passau (Jerman) pada 16 April 1927 (Sabtu Suci) dan dibaptis pada hari yang sama.

Ayahnya, seorang Komisaris Polisi, berasal dari keluarga tua petani dari Bavaria Bawah dengan sumber daya ekonomi yang sederhana, sedangkan Ibunya adalah putri pengrajin dari Rimsting di tepi Danau Chiem. Sebelum menikah, ia bekerja sebagai juru masak di sejumlah hotel.

Joseph menghabiskan masa kecil dan remajanya di Traunstein, sebuah desa kecil dekat perbatasan Austria, 30 Km dari Salzburg. Di lingkungan ini, yang dia definisikan sendiri sebagai "Mozartian", dia menerima formasi Kristen, budaya dan Komunitasnya.

Masa mudanya tidaklah mudah. Imannya dan pendidikan yang diterima di rumah mempersiapkannya untuk pengalaman pahit pada tahun-tahun di mana rezim Nazi melakukan sikap bermusuhan terhadap Gereja Katolik. Joseph muda melihat bagaimana beberapa orang Nazi memukuli Pastor Paroki sebelum perayaan Misa.

Baca Juga: Umat Katolik Se-Dunia Berduka, Paus Emeritus Benediktus XVI Tutup Usia

Justru dalam situasi yang rumit itulah dia menemukan keindahan dan kebenaran iman di dalam Kristus; mendasar untuk ini adalah sikap keluarganya, yang selalu memberikan kesaksian yang jelas tentang kebaikan dan harapan, yang berakar pada keterikatan yang meyakinkan dengan Gereja.

Dia terdaftar di Korps Anti Pesawat Tambahan hingga September 1944.

Halaman:

Editor: Yohanis Analdi Sogara

Sumber: Vatican News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SHE: Mendudukkan Bu Megawati di Tempat Seadil-Adilnya

Senin, 16 Januari 2023 | 10:04 WIB
X