Admiral Inspection, Tradisi TNI AL Yang Harus Kamu Tahu Saat Menjelang Pergantian Kasal

- Kamis, 29 Desember 2022 | 21:10 WIB
Admiral Inspection,  Tradisi TNI AL Menjelang Pergantian Kasal (Istimewa)
Admiral Inspection, Tradisi TNI AL Menjelang Pergantian Kasal (Istimewa)

LINTAS PEWARTA - TNI AL menggelar kegiatan Admiral Inspection yang merupakan salah satu tradisi TNI AL. Kegiatan yang dilaksanakan menjelang pergantian jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dari Laksamana TNI Yudo Margono kepada Laksamana TNI Muhammad Ali ini, dilaksanakan sebelum penyerahan tongkat komando kepemimpinan secara resmi kepada Laksamana TNI Muhammad Ali.

Ditengah cuaca yang kurang bersahabat, Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini telah menjabat sebagai Panglima TNI bersama pejabat baru Kasal didampingi para petinggi TNI AL lainnya berlayar dengan menggunakan KAL Yudhistira melaksanakan inspeksi kapal perang disepanjang rute pelayaran dari Dermaga Kolinlamil menuju Dermaga Sunda Pondok Dayung, Jakarta Utara, Rabu (28/12/2022) kemarin.

Baca Juga: TNI AL Bantu Evakuasi Sejumlah ABK dari Kapal Tenggelam di Perairan Muara Sungsang

Laksamana TNI Yudo Margono dan Laksamana TNI Muhammad Ali melaksanakan inspeksi dengan melintasi kapal perang yang tengah sandar di Dermada JICT dan Dermaga Damar di perairan Teluk Jakarta Utara.

Disaat yang bersamaan, KAL Yudistira menerima penghormatan dan parade rol oleh prajurit ABK KRI dilanjutkan dengan menampilkan yel-yel serta menyanyikan Gending Jalesveva Jayamahe yang disambut oleh Fly Pass Pesawat udara dari Satuan Udara Koarmada RI dengan mengibarkan bendera bertuliskan Jalesveva Jayamahe.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Terjadi Di Kota Ini, Ada Korban Jiwa!

Memasuki Dermaga Pondok Dayung, konvoi KAL Yudistira yang diikuti KAL Antasena disambut dengan Gun Salute sebanyak empat kali dari KRI Silas Papare-386 dan KRI Sultan Taha Syaefudin-376 serta atraksi Satuan Marinir yang mempertunjukkan debarkasi jaring dari KRI Teluk Amboina-503.

Tiba di Dermaga Pondok Dayung, rangkaian kegiatan Admiral Inspections dilanjutkan dengan  Inspeksi Ranpur Marinir dan Passusla (Denjaka, Taifib, Kopaska, Koppeba, Penerbang dan Kapal Selam) yang telah memenuhi Kawasan dermaga.

Baca Juga: Satgas Pamtas RI-MLY Yonarmed 19/105 Trk Bogani Giat Persiapan Acara Malam Tahun Baru Bersama Warga Perbatasan

Dalam kesempatannya tersebut, ditengah guyuran hujan, Panglima TNI menyampaikan terima kasih kepada seluruh prajurit Angkatan laut atas segala dedikasi dan usaha tiada henti dalam membangun Angkatan Laut serta telah mampu menjadi sosok prajurit Jalasena sejati yang senantiasa berhadapan dengan besarnya gelombang serta ombak tetapi mampu untuk tetap menjalankan tugas dengan baik.

"Tegakkan kedaulatan juga kesatuan dan persatuan terutama kepercayaan dihati masyarakat. TNI kuat rakyat bermartabat," tegas Panglima TNI.

Baca Juga: Kota Makassar Jadi Lautan Api di Tengah Hujan Deras dan Angin Kencang, 200 Lebih Kios Terbakar

Sementara itu, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali berjanji selain meneruskan dan mengembangkan segala kebijakan dari Laksamana TNI Yudo Margono juga akan membangun kerjasama yang baik guna mempermudah pencapaian dalam menjalankan program kerja TNI Angkatan Laut.

Laksamana TNI Muhammad Ali, resmi dilantik menjadi Kasal oleh Presiden Jokowi di Istana Negara menggantikan  Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini menjabat sebagai Panglima TNI, pada Rabu (28/12/2022).***

Halaman:

Editor: Yohanis Analdi Sogara

Sumber: Dinas Penerangan Angkatan Laut

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fakta Baru Gempa Dahsyat di Turki dan Suriah

Selasa, 7 Februari 2023 | 00:05 WIB
X