• Senin, 28 November 2022

Resmi Bertambah 3, Jumlah Provinsi di Indonesia Kini Jadi 37

- Jumat, 11 November 2022 | 16:08 WIB
Peresmian 3 provinsi baru dan pelantikan Pj Gubernur (@mohmahfudmd/Tim Lintas Pewarta)
Peresmian 3 provinsi baru dan pelantikan Pj Gubernur (@mohmahfudmd/Tim Lintas Pewarta)

LINTAS PEWARTA - Tiga daerah otonom baru (DOB) di Papua diresmikan menjadi provinsi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, bertempat di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, pada Jumat 11 November 2022.

Provinsi baru tersebut yaitu Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan.

"Hari ini, Jumat, tanggal 11 November 2022, bertempat di Jakarta, saya Muhammad Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri, atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2022, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022," ucap Tito Karnavian.

Baca Juga: Kasus Gagal Ginjal Akut, BPKN Siap Beri Pendampingan Hukum bagi Keluarga Korban

Peresmian ditandai dengan pemukulan tifa oleh Mendagri bersama Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo dan beberap pejabat lainnya.

"Hari ini kita melaksanakan peresmian tiga provinsi baru di Papua. Bertambah dari 34 provinsi menjadi 37 provinsi, yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan," jelas Mendagri.

Menurut Tito Karnavian, peresmian ini merupakan tindak lanjut dari Revisi Undang-Undang Otonomi Khusus Papua Nomor 2 Tahun 2021 yang sudah ditetapkan tahun lalu.

Baca Juga: Selama KTT G20, Imigrasi Deportasi WNA Dianggap Mengganggu Ketertiban

"Kita laksanakan kegiatan hari ini dalam rangka menunjukkan dan sebagai bukti provinsi tersebut secaea de facto sudah bisa berjalan dan bergerak," terangnya.

Halaman:

Editor: Ade Windiarto

Sumber: Setkab RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X