Amankan KTT G20 di Bali, Polri Siapkan Kendaraan Listrik dan Pasukan Berkuda

- Rabu, 9 November 2022 | 20:04 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek perencanaan pengamanan KTT G20 di Bali  (Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek perencanaan pengamanan KTT G20 di Bali (Divhumas Polri)

LINTAS PEWARTA - Berbagai upaya dilakukan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam melaksanakan pengamanan puncak pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November mendatang. Tak hanya pengamanan dari sisi penempatan personel, pengamanan juga dilakukan dengan melibatkan hewan kuda.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, saat pelaksanaan KTT G20, kawasan Nusa Dua Bali steril dari kendaraan berbasis fosil. Polri pun menyiapkan kendaraan listrik dan kuda untuk melakukan patroli keamanan.

"Selain kendaraan listrik yang digunakan sebagai pengawalan delegasi, Polri melalui Direktorat Polisi Satwa Baharkam Polri, menerjunkan polisi satwa yang bertugas melakukan patroli di ring 1 kawasan Nusa Dua, Bali," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Rabu 9 November 2022.

Baca Juga: Rugikan Negara Sebesar Rp451,6 Miliar, Bareskrim Polri Geledah Kantor PT Pertamina Patra Niaga

Dedi menuturkan, ada sebanyak 18 kuda disiapkan yang berasal dari beberapa Polda. Belasan kuda ini nantinya akan dipakai patroli guna memastikan keamanan di sekitar kawasan hotel tempat para delegasi menginap.

"18 kuda ini berasal dari Polda Bali, Jawa Barat, DIY dan Jawa Tengah," katanya.

Lebih lanjut, Dedi mengatakan bahwa para kuda yang diturunkan berasal dari Belanda. Kuda-kuda ini memiliki spesifikasi dan perawatan khusus, termasuk makan.

Kuda yang dipakai usai patroli akan dimasukkan ke dalam bus yang memakai pendingin udara atau AC agar menjaga kondisi kuda tetap sehat dan prima.

Baca Juga: Diduga Sebabkan Gagal Ginjal pada Anak, Bareskrim Polri Selidiki Produsen Obat Sirup PT UPI

Halaman:

Editor: Ade Windiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SHE: Mendudukkan Bu Megawati di Tempat Seadil-Adilnya

Senin, 16 Januari 2023 | 10:04 WIB
X