• Senin, 26 September 2022

Tanggulangi Kebocoran Data Negara, Kemenkominfo Sinergi dengan Beberapa Lembaga

- Selasa, 13 September 2022 | 08:17 WIB
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas terkait kebocoran data negara (Dok. Setkab RI)
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas terkait kebocoran data negara (Dok. Setkab RI)

LINTAS PEWARTA - Terkait kebocoran data negara yang terjadi belakangan ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah melakukan sinergi lintas kementerian guna menanggulangi kebocoran data.

Sinergi tersebut antara lain dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta Badan Intelijen Negara (BIN).

Hal itu disampaikan Menkominfo Johnny G Plate usai mengikuti rapat di Istana Negara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo terkait kebocoran data negara.

Baca Juga: Menko Polhukam Benarkan Data Negara Dibocorkan oleh Hacker Bjorka

"Jadi akan ada Emergency Response Team dari BSSN, Kominfo, Polri dan BIN untuk melakukan asesmen-asesmen berikutnya (terkait kebocoran data oleh peretas)," kata Johnny G Plate, Senin 12 September 2022.

Disebutkan Menkominfo, Tim Respon Darurat juga akan memiliki tugas untuk menjaga hal-hal terkait tata kelola data yang baik di Indonesia dan untuk menjaga kepercayaan publik terhadap keamanan data di Indonesia.

Lebih lanjut Menkominfo menjelaskan, para peretas, termasuk Bjorka, diakui telah membobol sejumlah data-data pribadi masyarakat serta sejumlah pejabat negara dari situs pemerintah.

"Tetapi data-data itu setelah ditelaah sementara itu data-data umum, bukan data-data spesifik dan bukan data-data yang ter-update sekarang, sebagian data-data yang lama. Tim lintas Kementerian Lembaga dari BSSN, Kominfo, Polri dan BIN tentu akan berkoordinasi secara mendalam," jelasnya.

Baca Juga: Hari Ini Unjuk Rasa Kenaikan Harga BBM di Istana Negara, Polda Metro Jaya Rekayasa Arus Lalu Lintas

Halaman:

Editor: Ade Windiarto

Sumber: Info Publik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terkait Judi Online, PPATK Blokir 500 Rekening

Kamis, 15 September 2022 | 17:39 WIB
X