• Senin, 26 September 2022

POSKESDES Kenotan Lakukan Pemeriksaan MBS Secara Gratis untuk Masyarakat Lanjut usia

- Senin, 19 September 2022 | 18:17 WIB
Petugas Kesehatan di POSKESDESKenotan sedang melakukan pemeriksaan MBS secara gratis kepada masyarakat LANSIA (Maria Irmina Ina Lipat )
Petugas Kesehatan di POSKESDESKenotan sedang melakukan pemeriksaan MBS secara gratis kepada masyarakat LANSIA (Maria Irmina Ina Lipat )

LINTAS PEWARTA- Pos Kesehatan Desa (POSKESDES) Kenotan melakukan pemeriksaan MBS (Mass Blood Survey) atau lasimnya disebut pemeriksaan malaria untuk masyarakat lanjut usia pada Senin, 19 September 2022.

Berdasarkan informasi yang tim media peroleh dari Karolus Kopong Lein, Amd. Kep.,selaku kepala POSKESDES Kenotan, menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin untuk masyarakat Lanjut Usia (LANSIA) yang dicanangkan oleh PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat) Lite, sebagai struktur organisasi kesehatan tertinggi di kecamatan Adonara Tengah. 

"Kegiatan ini dilakukan sebulan sekali, kegiatannya juga bervariasi berdasarkan apa yang direncanakan bersama di tingkat PUSKESMAS Lite. Untuk bulan ini, agenda utamanya adalah pemeriksaan malaria secara gratis", jelas Karolus. 

Baca Juga: Perhatikan 3 Cara Menolong Diri Sendiri Saat Penyakit Radang Usus Berkoar

Rangkaian kegiatan untuk kelompok masyarakat LANSIA desa Kenotan pagi tadi tepat pukul 08.00 WITA didahului dengan senam pagi bersama, dilanjutkan dengan kegiatan POSYANDU (Pos Pelayanan Terpadu) LANSIA dan diakhiri dengan kegiatan pemeriksaan malaria.

Ada nilai positif dari program rutin yang telah diterapkan di POSKESDES Kenotan ini. Perkembangan kesehatan masyarakat LANSIA dapat dipantau dengan mudah, selain itu juga dapat membantu mencegah atau mengatasi penyakit yang sedang menyerang kaum LANSIA.

Sedangkan kendala yang dihadapi dalam program rutin ini, menurut Karolus adalah sebagian masyarakat LANSIA tidak ikut serta dalam kegiatan, padahal sasaran program ini adalah untuk tiga ratus orang LANSIA, tetapi yang datang pada bulan September ini hanya ada Lima Puluh Empat orang.

Baca Juga: Cara Mulai Berolahraga untuk Pemula dengan 3 Langkah Mudah

Lebih lanjut beliau juga menjelaskan tentang kegiatan rutin lainnya yang sudah dijalankan di POSKESDES Kenotan, diantaranya adalah POSYANDU untuk bayi balita POSYANDU untuk remaja, dan POSBINDU PTM (Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) untuk masyarakat umur 15 tahun ke atas.

Halaman:

Editor: Ade Windiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X