• Minggu, 29 Januari 2023

Manfaat Wedang Uwuh Bagi Kesehatan

- Selasa, 21 Desember 2021 | 15:09 WIB
Wedang uwuh (Instagram)
Wedang uwuh (Instagram)

LINTAS PEWARTA - Mungkin banyak yang tidak tahu khasiat minuman tradisioanl yang satu ini . Ya, wedang uwuh salah satunya .
Wedang uwuh ini memiliki Rasa mani dan pedas. dengan warna merah cerah dan aroma harum berasal dari bahan jahe, rasa manis dari gula batu, warna merah dari bahan secang, dan aroma wanginya dari campuran rempah yaitu pala, kayu manis, sereh, cengkeh, serta kapulaga.Baca Juga: Inspiratif Muda Penuh Karya, Toni Triyanto Siap Majukan Kabupaten Batang

Ketika kita berbicara tentang wedang jahe dan wedang ronde, pastinya kita semua tahu karena minuman ini cukup terkenal dan kini hampir bisa ditemui di mana saja. Lantas, bagaimana ketika kita berbicara tentang wedang uwuh?Baca Juga: Jadwal Acara TV - TV One Selasa 21 Desember 2021, Ada : Kabar Petang dan Catatan Demokrasi

Mungkin tidak semua kita kenal tentang minuman tradisional yang juga berasal dari Jawa Tengah ini. Dalam bahasa aslinya atau bahasa Jawa, wedang berarti 'minuman' dan uwuh berarti 'sampah'. Wedang uwuh adalah minuman tradisional dari Yogyakarta.

Jadi serupa dengan wedang jahe, wedang ronde dan wedang lainnya, wedang uwuh adalah minuman yang menggunakan bahan-bahan tradisional beruba dedaunan yang mirip dengan sampah.

Tentu saja minuman yang sering dikaitkan dengan pengobatan tradisional ini biasanya diminum ketika masih panas atau hangat.

Dulu wedang uwuh masih dibuat dalam bentuk bahan utuh berupa campuran air dan rempah-rempah asli. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan kepraktisan, saat ini wedang uwuh sudah dikembangkan menjadi dalam bentuk instan, salah satunya bentuk celup.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Tak Rela Donasi Gala Sky Dinikmati Keluarga Faisal
Lantas, mengingat wedang uwuh dari rempah asli dan alami, maka apa saja manfaat wedang uwuh bagi kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Manfaat Wedang Uwuh sebagai Antioksidan

Manfaat wedang uwuh yang pertama adalah sebagai antioksidan. Pecinta teh tahu bahwa mereka dapat memenuhi kebutuhan dosis antioksidan harian hanya dari segelas teh. Antioksidan adalah senyawa yang mengurangi stres oksidatif, yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis.

Halaman:

Editor: Yudhi Prasetyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ternyata Berbahaya, Simak Fakta Kerokan Di Sini!

Selasa, 15 November 2022 | 14:30 WIB

Mengenal Lebih Lanjut tentang Narcissistic Abuse

Sabtu, 12 November 2022 | 13:22 WIB
X