• Senin, 28 November 2022

Pahami Gejala Gangguan Kesehatan Mental Anak Muda, Yuk Simak!

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 08:43 WIB
Cegah gangguan kesehatan mental anak muda (pixabay)
Cegah gangguan kesehatan mental anak muda (pixabay)

LINTAS PEWARTA - Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, semestinya digunakan sebagai moment untuk introspeksi bagi para pemuda terkait dengan perkembangan jaman. Dimana pemuda saat ini dihadapkan pada berbagai problematika yang sangat kompleks.

Peran anak muda juga harus bisa memajukan bangsa. Oleh karenanya, alangkah baiknya peringatan Sumpah Pemuda juga sekaligus menjadi pengingat mengenai pentingnya kesadaran akan kesehatan mental ditengah problem yang dihadapi oleh anak muda sekarang.

Kesadaran kesehatan mental dapat membantu memahami gejala, menemukan perawatan profesional, dan yang paling penting adalah mematahkan stigma kesehatan mental yang salah.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendidik Anak Perempuan Sesuai Tuntunan Islam? Berikut Penjelasannya

Dengan menerapkan pendekatan yang baik dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya pemahaman kesehatan mental.

Sebagai pemahaman awal, kita perlu tahu kalau ada beberapa gangguan umum dari kesehatan mental, yaitu gangguan kecemasan, depresi, bipolar, stres pascatrauma, dan skizofrenia.

Perlu diketahui, walaupun kondisi gangguan kesehatan mental ini memiliki gejala yang berbeda, kondisi ini dapat memengaruhi cara berpikir, merasa, dan perilaku orang yang mengalaminya. 

Baca Juga: Klinik Fertilitas Hadir di RSIA Pala Raya Tegal, dr Prima Atnarian : Tak Perlu Lagi Jauh Untuk Program Hamil

Orang yang memiliki gangguan kesehatan mental harus mengetahui tentang gejala yang dialami. Ini penting, karena jika tidak, dikhawatirkan orang yang mengalami gangguan tersebut ambil jalan pintas dengan mengonsumsi alkohol bahkan obat-obatan terlarang.

Halaman:

Editor: Ade Windiarto

Tags

Terkini

Ternyata Berbahaya, Simak Fakta Kerokan Di Sini!

Selasa, 15 November 2022 | 14:30 WIB

Mengenal Lebih Lanjut tentang Narcissistic Abuse

Sabtu, 12 November 2022 | 13:22 WIB
X