Dua Komplotan Pecah Kaca Mobil Lintas Provinsi Berhasil Dibekuk Jajaran Polda Jateng

- Jumat, 4 November 2022 | 21:15 WIB
Dirreskrimum Polda Jateng Kombes Pol Djuhandani Rahardjo Puro menunjukkan barang bukti  (Bidhumas Polda Jateng)
Dirreskrimum Polda Jateng Kombes Pol Djuhandani Rahardjo Puro menunjukkan barang bukti (Bidhumas Polda Jateng)

LINTAS PEWARTA - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jateng dan jajaran kewilayahan membekuk dua kelompok komplotan pecah kaca mobil lintas provinsi. Terdapat 11 tersangka dari dua kelompok asal Sumatera Selatan yang diamankan petugas.

Dirreskrimum Polda Jateng Kombes Pol Djuhandani Rahardjo Puro mengatakan pengungkapan kejahatan pecah kaca itu berdasarkan laporan polisi di wilayah Temanggung, Cilacap, dan Karanganyar. 11 tersangka terdiri dari dua kelompok yakni kelompok Temanggung 6 orang, Kelompok Cilacap 5 orang.

"Kelompok ini sangat meresahkan dimana korbannya adalah nasabah bank," katanya saat konferensi pers di lobi Ditreskrimum Polda Jateng, Jumat 4 November 2022.

Baca Juga: Penghentian Siaran Televisi Analog, Hary Tanoesoedibjo: Sama Saja Memaksa Masyarakat Membeli STB

Menurut Kombes Djuhandani hasil yang diraup dua kelompok cukup fantastis saat melakukan kejahatan. Bahkan satu diantara aksinya pelaku berhasil menggasak uang nasabah yang ditinggal di dalam mobil hingga Rp 200 juta.

"Ini menjadi perhatian kami. Tidak ada tempat bagi pelaku kejahatan untuk ‘bermain’ di Jateng. Karena reserse kami terlatih untuk mencari dan menangkap," imbuhnya.

Kombes Djuhandani menerangkan para pelaku yang sebagian merupakan residivis tersebut berada di dalam Bank untuk memilih dan menganalisa target mereka. Korban yang dianggap tidak beresiko bagi pelaku kemudian ditunggu keluar membawa uang untuk menjadi sasaran kejahatan pelaku yang telah berbagi tugas dalam aksinya.

"Kemudian ada orang mengikuti (nasabah) dan ketika ada kesempatan mereka melakukan pecah kaca, lalu mengambil barang berharga korban yang ada di mobil tersebut," jelasnya.

Baca Juga: Seorang Pria Mengendarai Sepeda dari Malang menuju Makkah

Halaman:

Editor: Ade Windiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lukas Enembe Ditangkap, Polri Backup Penuh KPK!

Rabu, 11 Januari 2023 | 19:05 WIB
X