• Minggu, 29 Januari 2023

Hasil Temuan Bareskrim Polri, Total Dana Boeing yang Diselewengkan ACT Capai Rp68 Miliar

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:48 WIB
Yayasan Aksi Cepat Tanggap  (Facebook)
Yayasan Aksi Cepat Tanggap (Facebook)

LINTAS PEWARTA - Kasus dugaan penyelewengan dana donasi dari Boeing yang dikelola oleh Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) totalnya mencapai Rp68 Miliar.

Hal itu berdasarkan hasil temuan dari Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri, yang disampaikan oleh Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Nurul Azizah.

"Hasil sementara temuan dari tim audit keuangan, akuntan publik bahwa dana sosial Boeing yang digunakan tidak sesuai peruntukannya oleh Yayasan ACT sebesar Rp68 miliar," ungkap Kombes Pol Nurul Azizah seperti dikutip dari PMJNews.com, Rabu 3 Agustus 2022.

Baca Juga: Ada 14 Poin dalam RUU KUHP yang Perlu Diperjelas, Berikut Daftarnya

Disebutkan Nurul, ACT memotong donasi 20-30 persen berdasarkan surat keputusan bersama pembina dan pengawas yayasan ACT. SK tersebut antara lain Nomor: 002/SKB-YACT/V/2013; Nomor : 12/SKB.ACT/V/2015; dan Opini Dewan Syariah Nomor : 002/Ds-ACT/III/2020.

"Juga dikuatkan dengan adanya surat keputusan manajemen yang dibuat setiap tahun dan ditandatangani oleh keempat tersangka," ujarnya.

Sebelumnya, Wadir Tipideksus Bareskrim Polri Kombes Pol Helfi Assegaf mengatakan pihaknya mendapatkan sejumlah temuan terkait penggunaan dana donasi dari Boeing yang dikelola oleh Yayasan ACT.

Baca Juga: Polemik JNE Kubur Beras Bansos, Polisi Lakukan Pemanggilan Terhadap Beberapa Pihak

Temuan itu diantaranya penyaluran dana ke Koperasi Syariah 212 sebesar Rp10 Miliar. Selain itu ada juga beberapa anggaran yang diselewengkan.

Halaman:

Editor: Ade Windiarto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lukas Enembe Ditangkap, Polri Backup Penuh KPK!

Rabu, 11 Januari 2023 | 19:05 WIB
X