• Minggu, 2 Oktober 2022

Hoax! Beredar Surat Pemberitahuan Mengatasnamakan BRI, Begini Himbauan Polda Jateng

- Selasa, 12 Juli 2022 | 08:37 WIB
Beginilah pesan yang beredar melalui aplikasi WhatsApp  (@poldajateng_)
Beginilah pesan yang beredar melalui aplikasi WhatsApp (@poldajateng_)

LINTAS PEWARTA - Akhir-akhir ini beredar sebuah pesan berantai menampilkan surat dengan logo Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang beredar melalui aplikasi WhatsApp.

Dilansir dari Twitter @poldajateng_, pada Selasa 12 Juli 2022, isi dari surat itu berisi pemberitahuan bahwa BRI mengubah skema biaya transaksi dari yang sebelumnya Rp6.500 menjadi Rp150 ribu per transaksi.

Modus yang dilakukan pelaku yaitu dengan berpura-pura mengaku sebagai customer service bank untuk memproses perubahan biaya transaksi.

Baca Juga: Dittipideksus Bareskrim Polri Akan Lakukan Gelar Perkara Kasus Dugaan Penyalahgunaan Dana ACT

Setelah korban terkecoh pada akhirnya nasabah digiring/diminta untuk memberikan data yang bersifat pribadi, seperti NIK, tanggal lahir, alamat email, no telp, nomor rek, nomor kartu, serta nama ibu kandung.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengimbau agar masyarakat/nasabah BRI mengabaikan kabar bohong tersebut.

"Lakukan transaksi perubahan data hanya dengan datang ke bank dan menemui customer service, tidak melalui telepon atau chat," imbau Kabid Humas Polda Jateng.***

Editor: Ade Windiarto

Sumber: Polda Jateng

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X